Senin, 29 Oktober 2012

PENTINGNYA PERINGATAN


Sumber : koleksi
Manusia  adalah makhluk Allah yang paling sempurna dari pada makhluk-makluk lain. Dari kesempurnaan itu terkadang banyak manusia yang kurang sadar akan hal itu. Alloh menciptakan manusia sudah dengan segalanya tanpa kurang suatu apapun. Namun kesadaran manusia akan hal itu masih jauh.
Kesempurnaan yang manusia miliki tentunya akan bermanfaat ketika semua amanah yang diberikan sang pencipta dioptimalkan untuk hal-hal yang bermanfaat dalam kehidupan. Salah satunya adalah otak. Otak merupakan memori manusia yang sangat amat dahsyat kemampuannya. Akan tetapi selama ini manusia cenderung masih banyak yang belum memaksimalkannya. Otak merupakan pengatur kegiatan  manusia sehari-hari. Tindak-tanduk manusia ditentukan oleh pemberdayaan otaknya. 
sumber : rezaslash.wordpress.com
Di sekitar kita banyak orang pintar, dan ada pula orang yang kurang pintar. Pembedaan ini hanya didasarkan pada kemampuan manusia dalam mengorganisir otaknya. Orang pintar cenderung akan terus memaksimalkan otaknya, sedangkan orang kurang pintar cenderung hidup apa adanya tanpa memberdayakan kemampuan yang ada.
Semua itu, baik yang aktif memaksimalkan atau yang kurang memaksimalkan otanya harus ada kontrol dari pihak luar. Yang dimaksud dengan kontrol di sini adalah peringatan.
Banyak orang pintar dengan otak briliannya, tetapi terkadang muncul sifat negatifnya yaitu rasa “saya yang paling” segalanya.  Dengan sifat ini akan berdampak pada aspek kehidupannya.  Orang pintar yang pandai mengendalikan otaknya, hal ini cenderung akan berdampak pada kemaslahatan manusia di dunia, namun sebaliknya orang pintar tidak pandai mengendalikan otaknya cenderung akan berdampak pada kemadhorotan bagi manusia. Untuk itu perlu sekali yang dinamakan peringatan.
sumber: yhs.net
Peringatan yang dimaksud bisa datang dari dirinya, dari orang lain bahkan langsung dari sang pencipta melalui perantara makhuk-Nya.  Peringatan ini sangat penting bagi umat manusia.  Dengan peringatan orang akan terkendali dalam kehidupannya. Bagi orang yang mengindahkan peringatan, niscaya dalam perjalanan hidupnya akan terkontrol sekaligus mengarahkan dirinya pada jalan-jalan yang diridhoi-Nya. Namun sebaliknya orang yang tidak mengindahkan peringatan perjalanan hidupnya akan mengalami keganjilan.
Untuk itu, berdayakanlah otak kita sebagaimana seharusnya. Maksimalkan otak kiri dan kanan kita kemudian seimbangkanlah kemampuannya. Salah satu upaya untuk memaksimalkannya adalah dengan cara membaca dan menulis, tetapi bukan dengan cara mencatat. Sebagai peringatan bahwa perlu dingat kegiatan mencatat cenderung akan melemahkan kemampuan otak.  Lain halnya dengan menulis. KENAPA DEMIKIAN?
Sebagai latihan berpikir mari kita bandingkan apa itu kegiatan menulis dan apa itu kegiatan mencatat?  kemudian bandingkan kedua kegiatan tersebut dari prosesnya !  (IS 28/12/2012).

Tidak ada komentar:

Pages