Senin, 05 November 2012

Pentingnya Konsep Dasar

Keterarahan suatu tindakan dalam kehidupan akan tergantung dari konsep dasar yang kita pahami. Konsep dasar suatu hal perlu dimengerti dan dipahami benar agar semua yang akan dilakukan jelas tujuan dan sasarannya. Selain itu, dengan jelas dan paham atas konsep dasar akan menentukan upaya dan strategi  untuk menuju pada tindakan berikutnya.
Konsep merupakan kerangka atau menterjemahkan ide gagasan yang timbul hasil pemikiran ke dalam bentuk karya nyata. Tanpa konsep, sebuha karya tidak ada artinya. Konsep dasar merupakan landasan dalam membuat suatu tindakan yang akan mudah dikomunikasikan agar dapat dinikmati dalam pelaksanaan kegiatan.
sumber: kuliahpemikiran.wordpress.com
Konsep dasar merupakan titik awal melangkah suatu pekerjaan, tindakan, atau usaha yang akan dikerjakan. Jika konsep awal sudah jelas, maka tatanan kegiatan  ke depan pun akan terarah dengan jelas. sehingga akan menjauhkan dari keterbiasan tindakan. artinya semua yang akan dilakukan sudah memiliki standar yang jelas tidak "diawang-awang". Apapun yang sifatnya tidak jelas akan mengakibatkan hasil yang tidak jelas pula.
Upaya untuk memahami apa itu konsep dasar, kita harus memiliki upaya untuk mencari tahu apa sebenarnya masalah tersebut sehingga ditemukan inti-inti dari permasalahan tersebut. 
Dengan mengetahui inti-inti dari masalah, maka ke depannya tinggal bagaimana memikirkan strategi untuk mengatasi permasalahan yang ada sehingga tujuan dari masalah yang seharusnya dicapai akan terlaksana. Dengan demikian, konsep dasar dalam segala kegiatan baik dalam hidup kita, maupun dalam segi kegiatan usaha sehari-hari.  (IS 2012)

Tidak ada komentar:

Pages